TUGAS KEPALA SEKOLAH
| Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai edukator, manajer, administrator dan supervisor, pemimpin / leader inovator, motivator. | ||
| a. | Kepala Sekolah selaku Edukator | |
| | Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan proses belajar mengajar efektif dan efisien ( lihat tugas guru ). | |
| | | |
| b. | Kepala sekolah selaku manajer | |
| | 01. | Menyusun perencanaan |
| | 02. | Mengorganisasikan kegiatan |
| | 03. | Mengarahkan kegiatan |
| | 04. | Melaksanakan pengawasan |
| | 05. | Melakukan evaluasi terhadap kegiatan |
| | 06. | Melakukan evaluasi terhadap kegiatan |
| | 07. | Menentukan kebijaksanaan |
| | 08. | Mengadakan rapat |
| | 09. | Mengambil keputusan |
| | 10. | Mengatur proses belajar mengajar |
| | 11. | Mengatur administrasi : ketatausahaan; siswa; ketenagaan; sarana prasarana; keuangan /RAPBS |
| | 12. | Mengatur organisasi siswa intra sekolah (OSIS) |
| | 13. | Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait |
| | | |
| c. | Kepala sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi | |
| | 01. | Perencanaan |
| | 02. | Pengorganisasian |
| | 03. | Pengarahan |
| | 04. | Pengkoordinasian |
| | 05. | Pengawasan |
| | 06. | Kurikulum |
| | 07. | Kesiswaan |
| | 08. | Ketatausahaan |
| | 09. | Ketenagaan |
| | 10. | Kantor |
| | 11. | Keuangan |
| | 12. | Perpustakaan |
| | 13. | Laboratorium |
| | 14. | Ruang Ketrampilan/Kesenian |
| | 15. | Bimbingan Konseling |
| | 16. | UKS |
| | 17. | Gedung Serbaguna |
| | 18. | OSIS |
| | 19. | Media |
| | 20. | Gudang |
| | 21. | 7K |
| | | |
| d. | Kepala sekolah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervise mengenai | |
| | 01. | Proses belajar mengajar |
| | 02. | Kegiatan bimbingan dan konseling |
| | 03. | Kegiatan ekstrakurikuler |
| | 04. | Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait |
| | 05. | Sarana dan prasarana |
| | 06. | Kegiatan OSIS |
| | 07. | Kegiatan 7K |
| | | |
| e. | Kepala sekolah selaku pemimpin/leader | |
| | 01. | Dapat dipercaya, jujur dan bertanggungjawab |
| | 02. | Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa |
| | 03. | Memiliki visi dan memahami visi sekolah |
| | 04. | Mengambil keputusan urusan intern dan ekstern sekolah |
| | 05. | Membuat, mencari dan memilih gagasan baru |
| | | |
| f. | Kepala sekolah selaku inovator | |
| | 01. | Melakukan pembaharuan di bidang |
| | | a) KBM |
| | | b) BK |
| | | c) Ekstrakurikuler |
| | | d) Pengadaan |
| | 02. | Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan |
| | 03. | Melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya di komite sekolah dan masyarakat |
| | | |
| g. | Kepala sekolah selaku motivator | |
| | 01. | Mengatur ruang kantor yang kondusif untuk bekerja |
| | 02. | Mengatur ruang kantor yang kondusif untuk KBM dan BK |
| | 03. | Mengatur ruang laboratorium yang kondusif untuk praktikum |
| | 04. | Mengatur ruang perpustakaan yang kondusif untuk belajar |
| | 05. | Mengatur halaman / lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur |
| | 06. | Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru dan karyawan |
| | 07. | Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sekolah dan lingkungan |
| | 08. | Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman |